top of page

Kunjungan METI Jepang dalam Rangka Inisiasi CCS/CCUS dalam Skema JCM

Diperbarui: 6 Des 2023

23 September 2023

Ministry of Economy, Trade and Industry (METI) of Japan, Japan Organization for Metals and Energy Security (JOGMEC) dan Kedutaan Besar Jepang, pada 23 September 2023 melakukan kunjungan ke Sekretariat Joint Crediting Mechanism (JCM) Indonesia. Kunjungan Delegasi Jepang ini disambut oleh sekretariat JCM Indonesia termasuk Kepala Sekretariat Cahyadi Yudodahono, dan tim (Arrozaq Ave, Dicky Edwin, dan Dinda Fauzani). Pertemuan antara delegasi Jepang dan Tim JCM Indonesia ini tidak hanya untuk membicarakan perkembangan terkini terkait implementasi JCM, namun juga inisiatif untuk memasukkan metodologi Carbon Capture Storage dan Carbon Capture Utilization and Storage (CCS/CCUS) ke dalam siklus JCM.

Jepang telah memperkenalkan CCS/CCUS di beberapa tempat di Indonesia seperti di Gundih dan Sukowati melalui feasibility study. Meskipun Indonesia memiliki potensi untuk mengurangi karbon melalui skema ini, sekretariat JCM meminta Jepang untuk mengungkapkan semua temuan dan studi sebagai pertimbangan dalam memasukkan metodologi CCS/CCUS dalam skema JCM.


Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah; Jepang akan memberikan seluruh data yang dibutuhkan kepada sekretariat JCM sebagai bahan dukung dan pertimbangan untuk memasukkan CCS/CCUS ke dalam skema JCM.

 

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional

--

Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Multilateral

124 tampilan0 komentar
bottom of page