top of page

Konferensi Internasional AZEC dan JCM dalam rangka promosi kegiatan dekarbonisasi

Diperbarui: 23 Jan

27 Oktober 2023



Pada 27 Oktober 2023, Ministry of Economy, Trade and Industry (METI) mengadakan pertemuan dengan Indonesia dan negara partnernya untuk memaparkan perkembangan terkini terkait dengan implementasi Joint Crediting Mechanism (JCM). Pertemuan ini juga menjadi wadah untuk memperkenalkan lebih dalam kerja sama terkait Asia Zero Emission Community (AZEC) kepada negara-negara mitra. Dalam pertemuan ini pihak Coordinating Ministry for Economic Affairs (CMEA) menghadirkan Cahyadi Yudodahono dan Arrozaq Ave sebagai delegasi dan menjelaskan terkait implementasi JCM di Indonesia.



Dalam pertemuan ini, Indonesia menghadirkan pengembangan baru JCM yang digabungkan dengan aturan dalam negeri (mengintegrasikan dengan Sertifikat Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca/SPE-GRK). Dalam konferensi tersebut, Indonesia juga memaparkan dan mendemonstrasikan terkait potensi teknologi masa depan yang dapat diinvestasikan di Indonesia dalam hal mitigasi Gas Rumah Kaca (GRK) seperti Carbon Capture Storage (CCS) atau Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS), hidrogen dan lahan gambut.

 

Selain konferensi tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup Jepang, Kementerian Luar Negeri Jepang dan METI juga melakukan pertemuan bilateral informal dengan delegasi Indonesia untuk membahas implementasi JCM dan AZEC di Indonesia secara khusus.


 

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional

--

Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Multilateral

26 tampilan0 komentar
bottom of page