top of page

Implementasikan MoU on Ecommerce Cooperation, RRT dan RI Selenggarakan Seminar on Digital Economy and E-commerce for Indonesia di Shanghai

Diperbarui: 23 Okt

Shanghai, 29 Mei-7 Juni 2024

Pada 29 Mei – 7 Juni 2024 telah dilaksanakan Kegiatan Pelatihan Seminar on Digital Economy and E-commerce for Indonesia di Shanghai, sebagai implementasi dari MoU on E-Commerce Cooperation Republik Indonesia – Republik Rakyat Tiongkok (RRT/China) yang telah ditandatangani oleh Menko Perekonomian RI dan Menteri Perdagangan RRT pada 8 September 2023.

 

Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan kebijakan pengembangan ekonomi digital China kepada peserta pelatihan, dan diharapkan dapat memberikan wawasan kepada peserta untuk dapat mempelajari secara komprehensif dan melihat langsung kebijakan pengembangan ekonomi digital China. Sebagai contoh, Indonesia dapat belajar dari China terkait transformasi digital, pengembangan informasi dan digitalisasi, tata kelola digital, dan perkembangan e-commerce di China. Selain itu Indonesia juga dapat mempelajari situasi terkini serta trend masa depan ekonomi digital dan e-commerce di Indonesia.


Selama pelatihan, peserta diberikan seminar terkait sistem politik dan filosofi pemerintahan, juga pengenalan sumber daya alam, lingkungan, dan manusia di China. Kemudian terkait ekonomi digital dan e-commerce,peserta diberikan seminar terkait:

  • Technical Architecture and Practical Cases of Government Digital Transformation, yang bertujuan membahas konsep informatisasi pemerintahan dan transformasi digital; desain tingkat atas dan kerangka sistem untuk transformasi digital; metodologi realisasi transformasi digital; transformasi digital di era model besar; kasus transformasi digital tata kelola perkotaan; serta kasus transformasi digital pada perusahaan pusat.

  • Technical Architecture and Practical Cases of Government Digital Transformation, yang bertujuan membahas penerapan big data, cloud computing, blockchain, intelligent robots, VR, AR, dan Artificial Intelligence Generated Content (AIGC) dalam E-Commerce.

  • E-Commerce Innovation: Internet Thinking and Business Model Innovation, yang memperkenalkan karakteristik khas perkembangan e-commerce di berbagai bidang seperti big data, online-to-offline(O2O), integrasi seluler dengan media sosial, personalisasi dan penyesuaian, desentralisasi, dan disintermediasi. Selain itu juga dibahas beberapa pola baru dan bentuk bisnis baru yang dihasilkan dari tren perkembangan ini.

  • Cross-border Electronic Commerce, membahas definisi, fitur utama, sejarah, dan perkembangan dari cross-border e-commerce dan Platform Internasional Alibaba (B2B).

  • E-Commerce Logistics and Supply Chain Management, membahas gambaran umum perkembangan cross-border, logistik e-commerce, inovasi model logistik cross-border e-commerce, manajemen rantai pasokan cross-border e-commerce, pengembangan fasilitasi perdagangan dan reformasi di China, serta studi kasus tipikal dan inovasi praktisnya


Selain pelatihan dalam bentuk seminar dan kelas, peserta juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi pedesaan yang memiliki karakteristik pembangunan yang menarik, hingga korporasi digital, dan universitas yang memiliki keunggulan akademik terkait digital. Beberapa lokasi yang dikunjungi oleh peserta pelatihan diantaranya; Rural Development (desa waitongwu) dimana terdapat industri budaya dan kreatif dan rumah bagi basis Pendidikan budaya, Hikvision yang merupakan korporasi teknologi mutakhir, Zhejiang Gonshang University dimana peserta mendapat kesempatan untuk memahami tentang perkembangan lintas batas e-commerce dan kerja sama ekonomi lintas batas, Alipay Lab yang merupakan ruang pengalaman offline untuk Alipay, Hongqiao Pinhui Platform Enterprise Shanghai International Trade, Shanghai Tunnel Engineering yang merupakan perusahaan teknik sipil dan konstruksi terkemuka industri angkutan kereta api dan konstruksi ruang bawah tanah, dan terakhir Guan An Info; perusahaan penyedia produk dan jasa terkait cyber security.

 

Program pelatihan ini, diikuti oleh 17 peserta perwakilan Kementerian/Lembaga yang menangani dan mengoordinir perjanjian kerja sama antara e-commerce antara RI dan RRT, dengan pembiayaan penuh dari Pemerintah RRT.

 

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional

2024

Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Asia

29 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page